TRAINING MANAGEMENT ORGANIZATION

Training Management Organization (TMO) adalah salah satu acara tahunan Himpunan Mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (HIMAKESJA) yang diselengggarakan oleh divisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM). Acara ini diselenggarakan sebagai alur kaderisasi bagi pengurus HIMAKESJA setelah diadakannya Upgarding. Di dalam acara ini diberikan materi tambahan tentang manajemen organisasi terutama bagi pengurus HIMAKESJA sendiri. Acara ini wajib diikuti oleh seluruh pengurus HIMAKESJA dan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran lainnya yang ingin mengikuti acara ini.

Training Management Organization (TMO) 2016 diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 April 2016 di Ruang Kuliah 5 Fakultas Kedokteran UNS. Acara ini dilaksanakan selama satu hari dan diisi oleh pembicara yang akan memberikan materi serta simulasi kepada para peserta. Materi yang diberikan di acara ini antara lain tentang Rencana Pengembangan Organisasi (RPO) dan SWOT oleh Hasan Fahrur Rozi, Manajemen Konflik oleh Rezky Akbar Tri Novan, dan Negosiasi (Lobbying) oleh Ekwanti Dwi Saputri.

Acara Training Management Organization (TMO) 2016 berlangsung dari pukul 08.00-13.00 WIB. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diselenggarakan acara pembukaan dan sambutan oleh ketua panitia dan ketua HIMAKESJA serta safety induction. Kemudian dilanjutkan materi pertama yaitu Rencana Pengembangan Organisasi (RPO) dan SWOT dan simulasinya oleh Hasan Fahrur Rozi. Pada saat simulasi materi pertama, peserta diminta membuat suatu rencana pengembangan organisasi beserta SWOTnya. Setelah materi pertama dan simulasi selesai, dilanjutkan ice breaking agar peserta tetap semangat dan tidak mengantuk untuk mengikuti materi selanjutnya. Kemudian dilanjutkan materi kedua yaitu Manajemen Konflik dan simulasinya oleh Rezky Akbar Tri Novan. Pada simulasi materi kedua, peserta diminta mengidentifikasi permasalahan yang ada di organisasi dan bagaimana cara mengatasinya. Setelah simulasi materi kedua, peserta diajak kembali untuk melakukan ice breaking. Kemudian dilanjutkan materi ketiga yaitu Negosiasi (Lobbying) dan simulasinya oleh Ekwanti Dwi Saputri. Simulasi materi ketiga ini, peserta diminta untuk mengaplikasikan materi negosiasi kepada peserta lain. Setelah simulasi selesai, dilanjutkan acara penutupan oleh MC yang menandakan berakhirnya acara Training Management Organization (TMO) 2016.