OSCHAR (Occupational Health and Safety Charity)

Occupational Health and Safety Charity Atau yang lebih dikenal dengan OSCHAR ini merupakan Bakti Sosial yang diadakan oleh HIMAKESJA. Kegiatan ini diadakan untuk membantu sesama kita yang membutuhkan. Dan tahun ini OSCHAR 2016 berbagi dengan saudara kita yang berada di pondok pesantren Darrusalam di Karanganyar. OSCHAR diadakan pada tanggal 28 mei 2016 tepat beberapa hari menjelang datangnya bulan RAMADHAN.

OSCHAR tahun ini di ikuti oleh perwakilan tiap angkatan mahasiswa Diplom 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja mulai dari angkatan 2012 hingga 2015. Acara OSCHAR 2016 diawali dengan pembukaan OSCHAR yang kemudian di lanjutkan dengan permainan.  Ada beberapa permainan yang dimainkan kali ini bersama anak –  anak pondok pesantren Darrusalam.  Dari permainan ini semakin menambah keakraban antara mahasiswa Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan anak-anak pondok pesantren Darrusalam. Setelah permainan usai, maka dilanjutkan dengan sholat diukur berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan makan bersama setelah sholat. Dan ada yang berbeda dari acara OSCHAR sebelumnya yaitu adanya pelatihan pemadam kebakaran yang di berikan pada anak-anak pondok pesantren Darrusalam.  Dalam pelatihan ini mahasiswa Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja memberikan contoh penanganan keadaan darurat saat menghadapi kebakaran.  Pelatihan pemadam kebakaran yang diberikan adalah pemadam kebakaran dengan menggunakan cara tradisional yaitu menggunakan karung goni. Anak-anak pondok pesantren Darrusalam terlihat sangat antusias dalam menjalani pelatihan pemadam kebakaran ini.

Setelah selesai melakukan pelatihan damkar, acara di lanjutkan dengan pemberian donasi yang telah di kumpulkan untuk pondok pesantren Darrusalam ini.  Itulah sekilas info tentang kegiatan OSCHAR 2016 yang telah dilakukan oleh mahasiswa Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang dinaungi oleh Himpunan Mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (HIMAKESJA) 2016. ~DIVORSOS~