SIMULASI SIAP SIAGA BENCANA

SIMULASI SIAP SIAGA BENCANA

Category : Kegiatan Mahasiswa

foto bersama

Kita tau bahwa negara kita tercinta Indonesia ini termasuk negara dengan rawan bencana. Sering terjadi bencana baik bencana alam maupun ulah manusia sendiri. Hal tersebut mengharuskan agar masyarakat Indonesia selalu siap siaga kapanpun dan dimanapun berada.

Tanggal 26 April kemarin merupakan hari Kesiapsiagaan bencana. Sebagai mahasiswa Sefety kita tidak boleh tinggal diam. BPNB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) juga menghimbau agar para mahasiswa di seluruh Indonesia menyemarakkan mengenai hari penting ini dengan mengadakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kesiapsiagaan bencana.

Dengan himbauan tersebut, teman-teman yang dibantu oleh Himakesja menginisiasi dengan membuat acara yaitu “Apel dan Simulasi keadaan darurat gempa bumi”. Gedung yang dipakai adalah tempat dimana kita menuntut ilmu yaitu Gedung F FK UNS. Acara ini tentunya didukung oleh pihak civitas dan Dosen D4 K3 UNS, dan pada acara ini memang terdapat beberapa materi yang disampaikan oleh Pak Haris Setyawan S.KM M.Kes dan Bu Ratna Fajariani mengenai sistem tanggap darurat bencana. “Ya, memang sejatinya simulasi tanggap darurat ini sangat penting lah, biar minimal kita sebagai mahasiswa safety punya gambaran tentang sistem tanggap darurat, dan tentunya ini bisa kita aplikasikan ke masyarakat” kata Alfian selaku ketua Ormawa HIMAKESJA.

Acara ini diawali dengan apel pagi dan pembekalan materi, lalu dilanjutkan langsung untuk simulasi tanggap darurat. Kronologi skenarionya adalah saat terjadi kuliah tiba-tiba terjadi gempa bumi dan semua orang dilokasi diharapkan untuk menyelamatkan diri sesuai dengan instruksi yang diarahkan. Mulai dari berlindung di tempat hingga turun menuju titik kumpul di hotmix.

Acara ini merupakan tonggak awal kita sebagai mahasiswa safety untuk memberikan contoh kepada mahasiswa lain bahkan masyarakat perihal bagaimana pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja kapanpun dan dimanapun berada.

Dokumentasi: 


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.