PENPRO (Pendidikan Profesi)

Sesuai dengan namanya, divisi ini bertugas untuk memfasilitasi sebaik-baiknya kebutuhan mahasiswa D4 K3 FK UNS dalam hal keprofesian. Divisi Pendidikan Profesi HIMAKESJA baru dibentuk mulai tahun 2014 dan merupakan pecahan dari Divisi Studi Ilmiah (DSI). Tujuan utama pendidikan diploma adalah menciptakan mahasiswa-mahasiswa yang kompeten dalam bidang K3, oleh karena itu perlu adanya fasilitas-fasilitas untuk mahasiswa D4K3 agar memiliki cara fikir yang rasional, kritis dan inovatif serta berintegritas yang tinggi sehingga mampu mencerminkan manusia yang berkualitas dan profesional. Segala fasilitas tersebut dapat diperoleh dari Divisi Pendidikan Profesi HIMAKESJA.

Walaupun Pendpro merupakan divisi yang baru berumur satu tahun, Pendpro memiliki banyak program kerja yang pastinya sangat bermanfaat untuk mahasiswa D4K3. Program kerja tersebut antara lain Kajian Strategis dan Pelatihan Pemadam Kebakaran (Damkar), Water Rescue, Kuliah umum, Semarak K3, dan Tutorial Study Club (TSC).

Program kerja unggulan Pendpro adalah Pelatihan Damkar dan Water Rescue. Keduanya berupa kegiatan pelatihan di lapangan yang bertujuan agar para peserta atau mahasiswa D4K3 dapat tanggap dan mampu melakukan tindakan yang tepat bila terjadi kebakaran di tempat kerja dan dapat melakukan penyelamatan apabila ada bahaya di tempat kerja perairan. Kedua kegiatan ini dipandu oleh lembaga profesional dan berkompeten yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) maupun Tim SAR.

Proker selanjutnya adalah Kuliah umum dan Tutorial Study Club (TSC) yang keduanya dapat menambah pengetahuan tentang K3 di luar jam perkuliahan. Kegiatan Kuliah umum berupa diskusi dengan narasumber yang mempunyai keterampilan lapangan yang lebih banyak, biasanya dari alumni D4K3 yang telah bekerja di perusahaan-perusahaan ternama. Sedangkan Tutorial Study Club adalah pengkajian materi bersama mahasiswa tingkat atas dengan membentuk kelompok-kelompok beranggotakan kurang lebih 10 orang. Materi yang dikaji biasanya adalah materi-materi mata kuliah yang sudah didapatkan oleh mahasiawa tingkat akhir dan belum diketahui oleh mahasiswa tingkat awal.

Selain kegiatan keprofesian dan akademik, divisi Pendpro juga memiliki program kerja Semarak K3 yaitu kegiatan untuk memperingati Hari K3 Internasional. Kegiatan ini berupa Long March kampanye K3 di area Car Free Day Surakarta. Dalam kegiatan Semarak K3, Pendpro memiliki tujuan untuk mengkampanyekan atau mengenalkan budaya/program K3 pada umumnya dan program studi D4K3 FK UNS khususnya, kepada masyarakat luar. Biasanya Semarak K3 dibatasi dengan tema tertentu, contohnya adalah kampanye mengenai Safety Riding dan kampanye mengenai Safety Gadget.

Begitulah sekilas tentang Divisi Pendidikan Profesi HIMAKESJA.